Jumat, 22 Januari 2010

apel newton

Syamsudin Prasetyo

(istimewa)

INILAH.COM

Jakarta - Pertemuan Newton dengan apel di abad 18 menjadi anekdot yang paling banyak dibicarakan oleh ilmuwan. Hari ini dokumen itu mulai tersedia secara online.

Pustakawan Britain Royal Society Keith Moore mengatakan cerita tentang apel itu sengaja dirawat.

Hal itu karena kisah sains sejenis banyak yang menjadi kumpulan ilustrasi bagaimana sains modern bekerja. Referensi implisit tentang sistem tata surya misalnya termasuk dalam kumpulan kisah tersebut.

“Ketika Newton menggambarkan proses observasi kejatuhan apel dan menerka prinsip dibaliknya, maka Newton berbicara tentang metode sains,” ujar Moore.

Kejadian tersebut berlangsung pada pertengahan tahun 1660-an, ketika Newton sedang pulang ke rumah keluarganya di utara Inggris setelah istrirahat dari penelitian penyakit di Universitas Cambridge.

Manuskrip Royal Society yang ditulis oleh penerus Newton yakni William Stukeley mencoba menggambarkan kembali suasana sore hari di musim semi pada tahun 1726 itu, ketika ilmuwan terkenal tersebut membagi cerita tentang kejadian di bawah pohon apel.

“Newton mengatakan keadaan yang sama persis dengan yang saya alami, sebagai penemu, gagasan tentang gravitasi hadir ke dalam pikiran,” tulis Stukeley.

“Sangat tepat ketika apel tersebut jatuh, ketika Newton duduk dalam mood kontemplasi. Mengapa apel selalu jatuh ke tanah, berpikir keras kepada dirinya sendiri. Mengapa tidak jatuh ke samping atau pun ke atas, tetapi secara konstan ke pusat bumi," ujar Stukeley

Tentu saja, alasannya adalah bumi menariknya ke bawah. Ada kekuatan tertentu yang menyebabkan hal tersebut terjadi,” tambahnya.

Pengguna situs dapat menemukan dokumen dengan menggunakan perangkat lunak yang juga bisa menemukan sketsa Leonardo dalam situs British Library yang dikerjakan oleh Jane Austen.

Royal Society adalah akademi ilmuwan yang dibentuk 1660 untuk berbagi, berdiskusi dan menyebarkan pengetahuan sains.

Lembaga tersebut telah menandai berdirinya selama 350 tahun pada tahun 2010 ini dengan menemukan lagi ilmu dan menuliskan ke dalam 60 makalah online ilmiah ilmuwan penting.[ito]

0 komentar:

Dimana ya ?

 
Powered by Blogger