Jumat, 22 Januari 2010

gerhana


(istimewa)

INILAH.COM

Jakarta - Wilayah Afrika dan Asia hari ini menjadi semi gelap karena gerhana matahari terpajang. Rekor gerhana terpanjang ini hanya akan terlampaui pada 23 Desember 3043 mendatang.

Pemandangan yang terlihat selebar 300 kilometer dan 12.900 km di seluruh dunia itu, menjadi rekor gerhana tahunan yang tak akan terkalahkan selama lebih dari seribu tahun.

Gerhana cincin terjadi ketika bulan lewat tepat di depan matahari tetapi tidak benar-benar menutup, sehingga membentuk sebuah cincin sinar matahari yang terang di sekitar lingkaran bulan.

Bayangan Bulan pertama menghantam ujung barat daya Chad pada 0514 GMT dan kemudian mencapai Uganda, Kenya, dan Somalia sebelum melewati Bangladesh, India, Myanmar dan China.

Media-media lokal mengeluarkan peringatan tentang bahayanya memandang langsung ke matahari, tapi penonton yang terpesona memadati jalanan untuk menyaksikan fenomena surgawi itu.

"Sudah mulai menarik. Burung bernyanyi. Ini makin dingin di sini. Seperti malam," kata John Saitega, 34 tahun ayah dari enam orang anak di Olte Tefi, 50 kilometer selatan Nairobi.

Di India selatan negara bagian Kerala, astronom dari seluruh dunia berkumpul untuk menyaksikan puncak gerhana yang berlangsung selama tiga setengah menit.

Veteran pengejar gerhana Daniel Fischer dari majalah astronomi Jerman Interstellarum memilih tempat di sudut tebing di Varkala, 62 kilometer utara kota Keralan Thiruvananthapuram.

"Aku gembira. Gerhana pertama ku adalah di Indonesia pada 1983. Aku bisa melewatkan pemadangan ini," kata Fischer, yang telah menyaksikan 23 gerhana.

Indian Space Research Organisation (ISRO) meluncurkan tiga roket kecil pada hari Kamis dan akan meluncurkan lima lagi untuk mempelajari efek gerhana di atmosfer.

"Kami akan membandingkan data yang diperoleh pada hari biasa dengan data selama dan segera setelah gerhana untuk mempelajari perbedaan," kata direktur proyek Ratnakar P. Rao.

Di ibukota Uganda Kampala, tukang ojek berhenti di sudut-sudut jalan untuk berbagi kacamata hitam dan menatap ke arah langit.

Menurut NASA lama annular atau saat bulan berada di depan matahari selama 11 menit delapan detik pada 0706 GMT, sehingga menjadi annulus terpanjang Milenium ke-3.

Hanya pada 23 Desember 3043 rekor ini akan terkalahkan.

Lunar umbra atau bayangan bulan akan berakhir di Semenanjung Shandong di China 0859 GMT.[ito]

0 komentar:

Dimana ya ?

 
Powered by Blogger