Jumat, 22 Januari 2010

Card Skimming

disalin dari tribun-timur.com

Teknik Bobol ATM

Kamis, 21 Januari 2010 | 13:19 WITA

Jakarta, Tribun - Pembobolan uang nasabah dari tiga bank swasta di Bali, mengungkap bahwa praktik scam atau pemindaian ilegal data akun dan identitas nasabah mulai masuk indonesia. Nasabah diminta untuk waspada.

Teknik pembobolan ini dikenal dengan istilah Skimming. Ini adalah istilah yang dikenal para manajemen bank untuk memproteksi nasabah mereka. Skimming adalah teknik ilegal peng-copy-an data kartu magnetik secara ilegal
Skimmer, alat pencuri data nasabah yang dipasang di mulut ATM, menjadi beken pasca terkuaknya kasus pencurian dana nasabah BCA dan 5 bank lainnya di Bali. Alat ini dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan nasabah awam akan menganggapnya tidak ada yang ganjil.
Skimmer ini bisa ditangkis dengan alat anti-skimmer. Menurut ahli forensik digital, Ruby Alamsyah, sejumlah ATM di Indonesia telah dipasangi alat anti-skimmer. Hanya saja jumlahnya baru sedikit.
Ketika seorang nasabah memasukkan kartu ATM-nya di slot, data di kartu nasabah langsung terekam. Skimmer ini juga dilengkapi kamera mikro guna merekam gerak-gerik jemari nasabah saat memencet PIN.
Ketika data nasabah dan PIN telah dikantungi, pencuri segera membuat kartu bodong. Data nasabah yang telah didapat dimasukkan ke dalamnya dan berbekal PIN yang telah dipelajari, terjadilah upaya pembobolan rekening tersebut.
Kapoltabes Denpasar Kombes Pol Gede Alit Widana telah menemukan alat skimmer itu di sebuah mesin ATM. Bagaimana bentuk skimmer tersebut, apakah sama seperti gambar di atas, Gede akan memperlihatkannya hari ini.
Menurut Gede, alat ini dipasang di mulut ATM. Kemudian, dipasang kamera kecil tak jauh dari mesin ATM tersebut. Sementara tak jauh dari lokasi tersebut pelaku memantau transaksi nasabah via laptop.

0 komentar:

Dimana ya ?

 
Powered by Blogger