Selasa, 02 Februari 2010

System parkir otomatis

Sistem parkir otomatis membantu memudah dan mempercepat parkir di tempat sempit secara paralel.
Artikel Terkait...:
KOMPAS.com
– Kendati sebelumnya beberapa produsen mobil sudah memperkenalkan sistem asisten parkir pada beberapa produk premiumnya, namun Bosch, produsen komponen asal Jerman - kini telah berhasil mengembangkan yang lebih canggih. Sistem terbaru dari Bosch, pengemudi tidak perlu lagi mengontrol pedal gas dan rem. Semua sudah diatur oleh sistem.

Pada sistem parkir otomatis penuh ini, pengemudi hanya mengawasi gerakan mobil. Kendati demikian, pengemudi masih bisa mengontrol kendaraan dan menghentikan sistem bekerja. Caranya dengan memegang kembali setir atau menyentuh pedal gas dan rem.

Menurut Dr. Rainer Kallenbach, Wakil Presiden Bosch Automotive Electronic, teknologi parkir baru ini banyak berbagai tingkat kemampuan. Termasuk fungsi bantuan parkir pada sudut patah (90 derajat) yang sangat diperlukan keluar dari ruang parkir yang sempit. Ditambahkan, dengan parkir otomatis penuh ini, proses parkir bisa dilakukan lebih cepat.

Sebelumnya Bosch telah mengembangkan sistem parkir dengan menggunakan sensor ultrasonik dan telah digunakan sekitar 200 model yang disebut dengan “parking assist” dan disebut juga sebagai sistem parkir semi-otomatik. Sistem dikembangkan bersama dengan power steering listrik. Pengemud masih harus memindah gigi, mengatur pedal gas dan rem.
Dijelaskan, sebelum melangkah ke sistem parkir otomatis penuh, Bosch telah memproduki peringatan jarak samping pada sistem parkir. Tugasnya memantau ruang di depan, belakang dan samping mobil, terutama obyek yang susah atau tidak terlihat oleh pengemudi.
Active Parking
Sementara itu, Ford pada Detroit Motor Show 2010 yang berlangsung sampai akhir minggu ini, telah mendemonstariskan sistem Active Parking Assist pada Escape Hybrid. Menurut Ford, sistem tersebut juga bisa digunakan parir di turunan.
Cara kerja sistem Active Parking Assist Ford, pengemudi mengaktifkan sistem dengan menekan tombol pada panel konsol boks tengah. Selanjutnya, sensor ultrasonik akan aktif dan mengindetifikasi ruang parkir paralel.
Sistem selanjutnya memandu pengemudi untuk dan membantu untuk memarkir mobil. Sistem mengambil alih kendali kemudi dan mengarahkan mobil ke ruang parkir Pengemudi melepaskan tangannya dari kemudi (hand free). Pada sistem Ford ini pengemudi masih perlu memindahkan gigi dan mengoperasikan pedal gas dan rem.
Tambahan dari sistem, obyek di di belakang atau depan mobil ditayangkan melalui monitor dan suara peringatan bila mobil sudah sangat dekat dengan kendaraan lain, obyek, orang dan rintangan lainnya. Untuk menghentikan kerja sistem, cukup dengan memegang setir.

0 komentar:

Dimana ya ?

Memuat...

 
Powered by Blogger