disalin dari motorplus-online.com |
Suspensi depan dapat berkerja sempurna bila kapasitas oli sesuai volume tabung. Jika kapasitas setiap tabung tidak imbang, ada dua akibat yang didapat. Redaman roda depan bisa saja terlalu keras atau malah kelembutan. Kalau terlalu keras, kemungkinan oli yang masuk ke tabung lebih dari takaran standar. Sebaliknya jika kapasitas oli kurang. Motor terasa limbung ketika diajak melibas jalan agak rusak atau saat nikung. “Maka disarakan ke pemilik motor, saat ganti oli sokbreker baiknya sesuai takaran yang sudah ditentukan pabrikan. Sebab takaran itu memang sudah pas dengan volume tabung, jarak main sok dan lubang pipa suling setiap tabung,” ujar Achmady alias Mady dari bengkel Honda AHASS 10946 di Meruya Motor, Jl. Raya Meruya Utara, No. 63H, Kembangan, Jakarta Barat. Akan berbeda jika motor mau dipakai untuk keperluan kompetisi atau modifikasi. Agar kerja suspensi depan memenuhi kebutuhan motor yang akan dipakai, maka volume oli bisa saja ditambah atau dikurangi. Dan yang perlu diingat saat ganti oli, baiknya pelumas bekas di dalam tabung dibuang dulu hingga tidak ada sisa. Itu sebelum oli baru dimasukkan ke tabung lewat pipa teleskopik dengan bantuan gelas pengukur tiap tabung. Atau bila komponen sok dikuras, jangan lupa menambah sekitar 2,5 ml tiap tabung. Silakan lihat tabel. KAPASITAS OLI SOKBREKER SUZUKI Shogun 125 RR 51 ml Shogun FI 51 ml Smash R 51,5 ml Satria F-150 103,5 ml Spin 125 55 ml Skydrive 55 ml Skywave 55 ml Thunder 125 150 ml Thunder 250 200 ml BAJAJ Pulsar 180 145 ml Pulsar 200 165 ml XCD-125 140 ml HONDA Grand 52 ml Supra-X/FIT 64 ml Revo 72 ml Blade/Karisma 68 ml Supra-X 125 PGM-Fi 70,5 ml Vario 75 ml Vario CBS 68 ml BeAt 75 ml Win 81 ml Mega Pro 159 ml Tiger 2000 126 ml Tiger Revo 135 ml YAMAHA Vega R 61 ml Vega ZR 67 ml Jupiter-Z 61 ml Jupiter MX 64 ml V-Ixion 230 ml Scorpio-Z Spoke 252 ml Scorpio-Z CW 244 ml RX-King 177 ml Mio/Soul 53 ml New Mio 60 ml Nouvo 63 ml KAWASAKI Blitz 112 52,7 ml Kaze 110 52,7 ml Kaze ZX130 64 ml Ninja 220 ml (Kosong) Penulis/Foto : Kris/Adib |
0 komentar:
Posting Komentar