Selasa, 12 Januari 2010

Honda

Sumber / Dokumen >>> bisnis.com

PT Honda Prospect Motor (HPM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Honda di Tanah Air, memperkuat penjualan pada tahun ini dengan meluncurkan dua produk anyar, yakni varian baru (minor change) CR-V dan New Odyssey.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy memastikan akan menghadirkan dua produk baru tersebut pada tahun ini, menyusul pasar otomotif nasional yang diyakini bertumbuh positif pada 2010.

"CR-V minor change akan meluncur Februari. Selain itu ada Odyssey. Untuk Odyssey ini kami belum menetapkan agenda pastinya, tetapi pada tahun ini pasti hadir," katanya kepada Bisnis, pekan lalu.

Honda Odyssey, mobil serbaguna (multi purpose vehicle/MPV) tujuh penumpang ini terakhir kali dipasarkan HPM di Indonesia pada 2008, dengan total penjualan 244 unit. Pada 2009, HPM menghentikan pemasaran model ini seiring krisis keuangan yang melambungkan harga mobil impor tersebut.

Lebih lanjut, Jonfis menuturkan perusahaan belum akan melakukan penyegaran terhadap tampilan All New Jazz, dikarenakan performa hatchback andalan Honda ini dinilai masih cukup bagus mengingat pengembangan atas model ini baru dilakukan pada 2008. HPM optimistis All New Jazz mampu mempertahankan dominasinya di segmen hatchback pada tahun ini, kendati pasar mobil di segmen ini dibanjiri model-model baru.

"Kami yakin Jazz akan tetap menjadi pemimpin pasar ditopang oleh fitur, keandalan produk, value for money dan dukungan layanan purnajual Honda," ujarnya.

Khusus untuk segmen sedan, Jonfis menegaskan, perusahaan belum berencana menghadirkan varian baru ataupun model anyar pada tahun ini. Kendati demikian, HPM tetap berupaya mempertahankan pasar produk-produk sedannya, seperti Honda Vios, Honda City dan Honda Civic.

"Tahun lalu pasar sedan ikut turun karena krisis. Seluruh indikator makroekonomi pada tahun ini cukup positif, rupiah menguat, suku bunga turun dan inflasi terjaga. Saat ekonomi membaik, kami berharap pasar mobil ikut menguat," paparnya.

Menanggapi langkah prinsipal yang menghadirkan mobil murah di pasar India, Jonfis menegaskan bahwa sampai sejauh ini belum ada pembicaraan mengenai rencana untuk memboyong produk anyar itu ke pasar domestik. Honda Motor Co, prinsipal Honda di Jepang, pekan ini meluncurkan produk termurah di India dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Terkait penyesuaian harga mobil di pasar domestik, Jonfis mengakui bahwa sampai saat ini Honda belum menaikkan harga produk. Namun, lanjut dia, perusahaan tengah mengalkulasi besaran kenaikan harga, seiring penyesuaian faktor pajak bea balik nama kendaraan bermotor.

Oleh Siti Munawaroh

0 komentar:

Dimana ya ?

 
Powered by Blogger